Tugu Australia di Balikpapan

Tugu Australia di Balikpapan


Tugu Australia, terletak di jalan Jenderal Sudirman, berdekatan dengan Lapangan Merdeka dan Rumah Saki Pertamina Balikpapan, luas lokasi tugu sekitar 725 M2. Tugu Australia terlihat biasa saja, namun sesungguhnya tugu tersebut banyak menyimpan sejarah tentang perang dunia ke - 2.

Tugu Australia sengaja di bangun oleh Pemerintah Australia, tujuannya adalah untuk mengenang pasukan devisi VII Australia yang gugur  melawan tentara Jepang pada saat perang dunia ke- 2 tersebut. Sekitar 270 Orang tentara Australia yang gugur saat itu.

Monumen Tugu Australia yang didominasi dengan warna putih dan merah bata ini dikelilingi oleh beberapa tanaman bunga, pada bagian depan terdapat sebuah prasasti yang menceritakan tentang perang dunia ke - 2, Jumlah orang yang terlibat dan jumlah korban.

Hampir setiap tanggal 25 April, ditempat itu dilakukan upacara penghormatan oleh perwakilan Kedubes Australia di Jakarta, warga Australia yang berdomisili di Balikpapan, Perwakilan Tentara Australia hingga para Veteran perang Australia. terkadang juga Pemerintah Kota Balikpapan, Walikota, Pangdam, Kapolda dan Instansi lainnya ikut serta dalam upacara tersebut dan upacara biasanya dimulai pada pukul 06.00 Wita. Tanggal 25 April juga menjadi hari peringatan Australia dan New Zealang Army Corp (ANZAC day)

Author :

"BALIKPAPAN PUSTAKA". Pangkalan Data dan Informasi - memperkenalkan Potensi dan Pesona Kota Balikpapan dimata dunia. Dengan merujuk pada aspek Geografi, Geopolitik (Negara), wilayah Administratib (Pemerintah daerah) serta konten lain seputar Kota Balikpapan. Saat ini Anda baru saja membaca artikel berjudul : Tugu Australia di Balikpapan.
Share Artikel

Artikel Terkait