Makam Keramat Pulau Tukung Balikpapan

Makam Keramat Pulau Tukung Balikpapan

Makam Pulau Tukung, merupakan salah satu makam di Balikpapan yang dikenal sebagai sebuah makam keramat oleh masyarakat. Peziarah yang datang kemakam tersebut, tidak hanya berasal dari kota Balikpapan saja, namun juga dari luar kota Balikpapan.

Bagi mereka yang mengerti, maka mereka akan datang untuk ber-tawassul (Salah satu Cara berdo'a kepada Allah) agar apa yang menjadi hajat-hajat mereka segera dapat di kabulkan oleh Allah Swt dan mengharapkan keberkahan (Tabarruk).

Makam Keramat Pulau Tukung merupakan sebuah makam seorang ulama perempuan yang dalam silsilahnya, Ia masih masuk dalam dzuriyat Nabi Muhammad Saw, bernama Syarifah Mariam. Penjaga makam saat ini bernama Hajjah Masitah yang menggantikan penjaga sebelumnya yaitu almarhum Habib Gasim bin Haji Ungkuk.

Dahulu, makam tersebut berada di tengah laut, namun kemudian di pindah kedaratan, oleh sebab keperluan untuk pembangunan pelabuhan laut Semayang Balikpapan. Makam tersebut merupakan cikal bakal Kota Balikpapan. 



Author :

"BALIKPAPAN PUSTAKA". Pangkalan Data dan Informasi - memperkenalkan Potensi dan Pesona Kota Balikpapan dimata dunia. Dengan merujuk pada aspek Geografi, Geopolitik (Negara), wilayah Administratib (Pemerintah daerah) serta konten lain seputar Kota Balikpapan. Saat ini Anda baru saja membaca artikel berjudul : Makam Keramat Pulau Tukung Balikpapan.
Share Artikel

Artikel Terkait