Makam Pangeran Aji Kemala Balikpapan

Makam Pangeran Aji Kemala Balikpapan


Berbicara mengenai Gunung Kemendur, ternyata bukan hanya sebagai hutan kota. Akan tetapi dikawasan ini ternyata juga terdapat sebuah makam, yaitu makam salah satu kerabat kerajaan Kutai Kartanegara Ing Marthadipura, Pangeran Aji Kemala Gelar Pangeran Aji Karta Intan yang wafat pada tahun 1933 di Balikpapan. Aji Kemala merupakan anak yang ke - 20 dari Sultan Kutai ke 18, Aji Muhammad Sulaiman, yang memerintah Kerajaan Kutai Kartanegara Ing Marthadipura (1850 - 1899). Makam ini ditemukan pada hari Jum'at (19 Februari 2010). Sejak saat itu kawasan Gunung Kemendur, Kampung Pelayaran Kelurahan Perapatan Kecamatan Balikpapan Kota, ramai di kunjungi orang untuk melihat dan menyaksikan langsung. Juru kunci makam Bpk Suroto, menerangkan bahwa dengan ditemukannya makam tersebut, ini merupakan sebuah fakta sejarah yang tidak bisa di pungkiri. " Apa yang kami lakukan ini, hanya ingin menguak fakta sejarah yang kini terlupakan" katanya.

Dilokasi tersebut selain makam, diseputarnya juga dapat ditemukan batu-batu besar yang berupa anak tangga menuju ke goa Jepang, yang letaknya tidak jauh dari lokasi makam Aji Kemala, di perkirakan bebatuan yang besar dan berwarna coklat tua itu, adalah sebuah tangga dan tempat peristirahatan Pangeran Aji Kemala beserta kerabatnya, sembari melihat dan menatap ke Teluk Balikpapan, yang ada di bawahnya. Sungguh suatu panorama yang sangat mempesona. Akses untuk menuju kelokasi makam dapat dicapai dengan kendaraan roda dua maupun roda empat.

"Tempat ini, terbuka bagi siapa saja yang mau melakukan ziarah ke makam", ujar pak Suroto sebagai juru kunci makam. Tapi tentu saja dengan catatan, tidak boleh melakukan hal-hal yang bertentangan dengan norma dan akidah agama, seperti memuja atau meminta hal-hal yang diluar akal sehat. Tandas Pak Suroto lagi.

Selain Makam Adji Kemala, Gelar Adji Pangeran Karta Intan, didalam satu lokasi yang jaraknya tidak terlalu jauh ada juga sebuah kafe yang menjual makanan dan minuman ringan, pokoknya komplit, berziarah sambil menikmati makan dan minum dan juga dari tempat yang berada diketinggian Gunung Kemendur kita juga bisa melihat keindahan Teluk Balikpapan.

Author :

"BALIKPAPAN PUSTAKA". Pangkalan Data dan Informasi - memperkenalkan Potensi dan Pesona Kota Balikpapan dimata dunia. Dengan merujuk pada aspek Geografi, Geopolitik (Negara), wilayah Administratib (Pemerintah daerah) serta konten lain seputar Kota Balikpapan. Saat ini Anda baru saja membaca artikel berjudul : Makam Pangeran Aji Kemala Balikpapan.
Share Artikel

Artikel Terkait