Merian Jepang di Balikpapan

Merian Jepang di Balikpapan


Situs bersejarah Meriam Jepang terletak di kawasan Gunung Meriam, Kampung Baru Ilir (Sidodadi) Balikpapan. Lokasinya 8 Km dari pusat Kota Balikpapan diwilayah perbukitan. Luas Area sekitar 2.500 m2.

Meriam Jepang ini merupakan peninggalan Kaigun ( Angkatan laut Jepang pada masa perang dunia ke - 2) Meriam ini dulunya dipergunakan sebagai senjata pertahanan Jepang terhadap Tentara Belanda yang ingin merebut sumur minyak yang ada di Kota Balikpapan. Konon katanya Meriam ini banyak banyak menewaskan tentara Australi ketika pasukan Australi mengadakan pendaratan.

Dari tempat ini kita dapat melihat pemandangan Kota Balikpapan, Kilang Minyak dan Teluk Balikpapan terutama ketika malam hari. Letak Meriam Jepang ini berada di tanah lapang yang di pagari dengan pagar besi maksudnya agar tidak sembarang orang yang masuk sehingga kelestariannya tetap terjaga. Namun sayang beribu sayang kesadaran dan kepedulian masyarakat yang ada disekitarnya sangat kurang, perhatikan saja salah satu photo di bawah ini terlihat beberapa orang anak yang sedang bermain bebas di area ini dan memanjat pagar

Author :

"BALIKPAPAN PUSTAKA". Pangkalan Data dan Informasi - memperkenalkan Potensi dan Pesona Kota Balikpapan dimata dunia. Dengan merujuk pada aspek Geografi, Geopolitik (Negara), wilayah Administratib (Pemerintah daerah) serta konten lain seputar Kota Balikpapan. Saat ini Anda baru saja membaca artikel berjudul : Merian Jepang di Balikpapan.
Share Artikel

Artikel Terkait