Pantai Ambalat Balikpapan

Pantai Ambalat Balikpapan


AMBALAT bukan hanya nama kawasan perairan di utara Kalimantan yang dipersengketakan Indonesia dan Malaysia. Di Kecamatan Samboja, Kukar, juga terdapat tempat rekreasi yang cukup mengasyikkan yang bernama Pantai Ambalat. Inilah salah satu destinasi wisata alam selain di Pantai Tanah Merah. Sebagai tempat rekreasi wisata alam pantai. 

Keberadaan Ambalat di Dusun Selok Batu, RT IV Kelurahan Amborawang Laut Samboja memang belum banyak dilirik wisatawan lokal. Ini disebabkan lokasinya yang terpencil atau sekitar 7 kilometer dari poros Jalan Samboja-Teritip di Balikpapan. Di samping itu, Pantai Ambalat masih dikelola secara sederhana. Di mana, saat ini ditangani Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Amborawang Laut. Dibanding Pantai Tanah Merah di kecamatan yang sama, 

Ambalat memiliki pesona dan kekhasan tersendiri. Kekhasannya itu adalah jika wisatawan mengunjungi Ambalat, maka pilihannya harus bermalam di lokasi itu. Sebab, hanya dengan bermalam di Ambalat, wisatawan akan merasakan sensasi pantai, khususnya panorama laut Selat Makassar pada malam hari. Terlebih jika pengunjung yang tempat tinggal sehari-harinya jauh dari pantai, maka sangat pas menyaksikan keunikan alam pantai dan laut Ambalat pada malam hari. Mereka bisa merasakan desiran angin laut dan suara gulungan ombak menuju pantai. Untuk bermalam, fasilitas akomodasi pun tersedia berupa 8 unit rumah pantai atau vila milik warga setempat. Bangunan tersebut ada yang permanen dan semipermanen. Seorang pemilik rumah pantai bernama Ardiansyah saat ditemui Sabtu (22/12) lalu, mengatakan setiap rumah yang disewakan dilengkapi fasilitas standar. Seperti, dapur berikut kompornya, ranjang plus kasur, meubelair, juga tangki air layak konsumsi, serta listrik. 

Sedangkan untuk keamanan pengunjung, ditangani Seksi Ketenteraman dan Ketertiban Kelurahan Amborawang Laut. “Namun pesawat televisi, AC, dan kulkas tidak tersedia” ujar Ardiansyah. Harga sewa vila per hari paling tinggi Rp 500 ribu, tergantung fasilitas rumah disediakan pemilik. Fasilitas lainnya di Pantai Ambalat, selain ada kolam pemancingan, juga panjang pantai yang mencapai 3 kilometer. Mulai dari arah selatan berbatasan dengan Pantai Teritip Balikpapan hingga di utara ada Tanjung Samboja. “Dengan lebar pantai dari bibir pantai hingga ke laut antara 60-100 meter,” katanya. Untuk dapat menikmati sensasi Pantai Ambalat, pengunjung hanya ditarik retribusi Rp 10 ribu untuk kendaran mobil dengan dua penumpang dan sepeda motor Rp 5 ribu. Lebih berkesan lagi adalah kuliner khas Ambalat, yaitu air nyiur segar dengan serutan kelapa mudanya. “Kelapa muda di kawasan ini banyak dikirim ke Kota Samarinda dan Balikpapan,”

Author :

"BALIKPAPAN PUSTAKA". Pangkalan Data dan Informasi - memperkenalkan Potensi dan Pesona Kota Balikpapan dimata dunia. Dengan merujuk pada aspek Geografi, Geopolitik (Negara), wilayah Administratib (Pemerintah daerah) serta konten lain seputar Kota Balikpapan. Saat ini Anda baru saja membaca artikel berjudul : Pantai Ambalat Balikpapan.
Share Artikel

Artikel Terkait

1 komentar: