Upacara Pengobatan Suku Dayak

Upacara Pengobatan Suku Dayak


WEDIAN
Wedian/Balian/Belian adalah upacara pengobatan pada Suku Dayak Bawo, Dusun, Maayan, Lawangan, Benuaq dan Bukit. Suku-suku serumpun ini hidup bertetangga disekitar wilayah yang berbatasan di Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan. Sedangkan pada suku Melayu pedalaman (Suku Melayu Petalangan/Suku Talang Mamak) di sebut Bulian. Seringkali juga dipakai sebagai sebutan untuk orang yang mengobati (tabib) dalam upacara pengobatan tradisional Dayak tersebut yang di namakan Balian dalam berbagai dialek seperti Bolin (Dayak Pesaguan), Boretn (Dayak Simpakng), Baliatn (Dayak Jalai).

WADIAN DI KALIMANTAN TENGAH.
Wadian adalah salah satu upacara adat Suku Dayak (Dusun, Maanyan, Lawangan, Bawo) yang menganut Kaharingan, diantaranya dalam rangka pengobatan terhadap orang sakit. Zaman dahulu kala, saat pengobatan medis tidak semaju seperti sekarang, orang-orang Dayak memanfaatkan jasa wadian untuk mengobati sakit yang mereka derita. Lama atau tidaknya ritual pengobatan tergantung dari parah tidaknya penyakit yang di derita. Upacara Wadian dapat berlangsung selama satu minggu lebih. 

Jenis-jenis Wadian antara lain :
  • Wadian Pangunraun (Pangunraun jatuh, Pangunraun Jawa)
  • Wadian Dapa
  • Wadian Tapu Unru
  • Wadian dadas
  • Wadian Bawo
  • Wadian Bulat.
Dewasa ini, selain untuk pengobatan, wadian juga telah di kembangkan sedemikian rupa menjadi salah satu kesenian daerah yang dapat di nikmati sebagai sebuah atraksi kesenian yang sangat menarik dan juga digunakan pada waktu upacara perkawinan yang biasa disebut Wurung Jue.

BELIAN DI KALIMANTAN TIMUR.
Belian atau beliatn, adalah sebutan Wadian dalam bahasa Benuaq dan Tanjung di Kutai Barat, Kalimantan Timur. Belian bawo adalah salah satu upacara pengobatan oleh Suku Dayak Benuaq dan Suku Dayak Tunjung.

BALIAN DI KALIMANTAN SELATAN.
Balian adalah sebutan upacara pengobatan pada Suku Dayak Balangan (bagian dari Suku Dayak Maanyan) di Kabupaten Balangan dan Suku Dayak Bukit di Kalimantan Selatan. Suku Dayak Balangan memiliki upacara balian bulat. Tradisi Balian ini di buat menjadi suatu atraksi kesenian yang disebut Tari Tandik Balian.

BULIAN DI RIAU.
Bulian adalah sebutan upacara pengobatan pada Suku Melayu Pedalaman Riau yang disebut Suku Melayu Petalangan/Suku Talang Mamak di Kabupaten Indragiri Hulu. Tradisi Bulian ini di buat menjadi suatu atraksi kesenian yang disebut Tari Rentak Bulian.

 

Author :

"BALIKPAPAN PUSTAKA". Pangkalan Data dan Informasi - memperkenalkan Potensi dan Pesona Kota Balikpapan dimata dunia. Dengan merujuk pada aspek Geografi, Geopolitik (Negara), wilayah Administratib (Pemerintah daerah) serta konten lain seputar Kota Balikpapan. Saat ini Anda baru saja membaca artikel berjudul : Upacara Pengobatan Suku Dayak.
Share Artikel

Artikel Terkait