Universitas Mulawarman (UNMUL)

Universitas Mulawarman (UNMUL)


Sejarah Singkat.
Universitas Mulawarman (UNMUL), adalah perguruan tinggi negeri di Samarinda. Kalimantan Timur. Indonesia. Universitas ini berdiri pada tanggal 27 September 1962, sehingga merupakan universitas tertua di Kalimantan Timur. Universitas Mulawarman merupakan perguruan tinggi dengan jumlah mahasiswa terbesar di Kalimantan, yaitu mencapai lebih dari 27.000 orang. Kampus utamanya terletak di Gunung Kelua, sedangkan kampus lainnya terdapat di Jalan Pahlawan, Jalan Pembangunan dan Jalan Flores.

Nama.
Nama Mulawarman, diambil dari nama Raja Mulawarman Nala Dewa, dari kerajaan Kutai, di abad ke - 4. Kerajaan pertama di Indonesia yang tercatat dalam sejarah, berlokasi di Kalimantan Timur.

Sejarah Pembentukkan.
Provinsi Kalimantan Timur, pada tahun 1960-an masih berupa daerah yang sedikit penduduk dan penyebarannya tidak merata, bahkan banyak daerah yang terisolir. Dari Kota Balikpapan ke Kota Samarinda saja harus ditempuh dalam waktu 1 hari, melalui jalan darat dan sungai. Banyak putera daerah Kalimantan Timur yang melanjutkan pendidikan tinggi harus menuju Banjarmasin, Makasar atau kota-kota lain di pulau Jawa. Karena itulah, atas keinginan masyarakat Kalimantan Timur, direncanakanlah pendirian perguruan tinggi di Samarinda. Gubernur Abdoel Moeis Hasan, kemudian meminta Bupati Soebrata Yoeda Soebrata, mengadakan pertemuan dengan pemuka masyarakat di Samarinda, kemudian berdasarkan Keputusan Pemerintah Daerah Kalimantan Timur, pada tanggal 7 Juni 1962, dibentuklah perguruan tinggi Mulawarman di Samarinda.

Demi menampung kebutuhan dana, fasilitas dan peralatan Perguruan Tinggi Mulawarman, ditetapkan juga Yayasan Perguruan Tinggi Mulawarman, yang di pimpin oleh Abdul Aziz Samad, didampingi Sekretaris E. Abdul Samad dan Bendahara Dorinawati Samalo (Ny. Lo Beng Long). Kemudian pada tanggal 28 Juni 1962, ditetapkan pula Presidium untuk menyelenggarakan Perguruan Tinggi Mulawarman dengan Sekretaris Drs. Achmad Dahlan dan di bantu Husaein Achutanair dan Syahidin. BA, sebagai penyelenggara administrasi yang berkoordinasi dengan Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan di Jakarta.

Perguruan Tinggi Mulawarman, kemudian ditetapkan sebagai Universitas Kalimantan Timur, berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan, Thoyib Hadiwidjaja pada tanggal 28 September 1962. Namun nama ini dikembalikan menjadi Universitas Mulawarman dan di kukuhkan secara resmi oleh Presiden Republik Indonesia, Soekarno, pada tanggal 23 April 1963. Tanggal 27 September 1962, kemudian ditetapkan sebagai tanggal berdirinya Universitas Mulawarman.

Pada tanggal 7 Juni 1962, berdasarkan Keputusan Gubernur Kepala Daerah Tingkat I Kalimantan Timur, Nomor 15/PPK/KDH/1962, didirikanlah sebuah Perguruan Tinggi di Samarinda, dengan nama perguruan tinggi Mulawarman, namun nama perguruan tinggi mulawarman tidak lama di pakai, pada saat Permintaan pengesahan Menteri PTIP, nama itu berubah menjadi Universitas Kalimantan Timur (UNIKAT), berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Nomor 130 tahun 1962. Tanggal 28 September. Tanggal 27 September 1962 ditetapkan sebagai tanggal berdirinya Universitas Mulawarman. Setahun kemudian, berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI, No : 65 tanggal 23 April 1963, berubah nama menjadi Universitas Mulawarman (UNMUL), hingga sampai sekarang.

Visi dan Misi UNMUL.

Visi.
Universitas berstandar Internasional, yang mampu berperan dalam pembangunan bangsa melalui pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, yang bertumpu pada sumber daya alam (Sda) khususnya hutan tropis lembab (Tropical rain forest) dan lingkungannya.

Misi.
  1. Menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas, berkepribadian dan profesional melalui penyelenggaraan pendidikan tinggi yang bertarap Internasional.
  2. Menghasilkan riset yang berkualitas serta berdayaguna dengan mengedepankan prinsip-prinsip kelestarian lingkungan hidup.
  3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dan menghasilkan karya ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan olah raga yang bermakna dan bermanfaat demi terwujudnya pengelolaan Universitas yang akuntabel dan mandiri sesuai dengan standar Nasional dan Internasional.
Lambang UNMUL.
Lambang Universitas Mulawarman, berupa perisai dengan warna dasar hijau yang melambangkan ilmu pengetahuan. Didalamnya terdapat jalinan rotan dengan warna kuning, menunjukkan persatuan yang terjalin antara berbagai suku dan aliran yang terdapat di Indonesia, dengan perahu yang berwarna hitam putih, melingkari sisi-sisi lingkaran yang membawa guci berwarna putih-coklat menyatakan akan kewajiban Universitas untuk mengembangkan dan mengamalkan ilmu pengetahuan. Guci itu sendiri, khususnya di Pedalaman Kalimantan Timur, adalah tempat menyimpan barang-barang keramat atau untuk menyimpan tulang belulang nenek moyang.

Guci melambangkan wadah untuk menyimpan ilmu pengetahuan yang harus dikembangkan dan disampaikan kepada putra-putri Indonesia. Perahu berlayar pada tiga garis putih berombak dibawah perahu, karna seperti diketahui, Kota Samarinda tempat Universitas Mulawarman berdiri, terletak di pinggir sungai Mahakam. Roda gigi berwarna kuning yang melingkari perahu menunjukkan zaman berada dalam tarap kemajuan teknik yang luar biasa, namun tetap berkepribadian.

Fasilitas Kampus.
Universitas Mulawarman memiliki berbagai fasilitas penunjang perkuliahan, diantaranya fasilitas ruang kuliah modern yang representative, fasilitas hotspot dan internet 24 jam, fasilitas perbankan yang di tunjang ATM 24 jam, fasilitas olah raga, pasilitas perpustakaan, fasilitas laboratorium, Kebun raya Samarinda dengan luas 3.000.000 ha, Hutan pendidikan Bukit Suharto dengan luas 20.271.000 ha, Kolam percobaan perikanan dll.

Author :

"BALIKPAPAN PUSTAKA". Pangkalan Data dan Informasi - memperkenalkan Potensi dan Pesona Kota Balikpapan dimata dunia. Dengan merujuk pada aspek Geografi, Geopolitik (Negara), wilayah Administratib (Pemerintah daerah) serta konten lain seputar Kota Balikpapan. Saat ini Anda baru saja membaca artikel berjudul : Universitas Mulawarman (UNMUL).
Share Artikel

Artikel Terkait