Monumen Mathilda di Balikpapan

Monumen Mathilda di Balikpapan


Monumen Sumur Minyak Mathilda (Tugu Mathilda) terletak di kawasan Jalan Yos Sudarso, pinggir jalan minyak wilayah Pertamina, tidak jauh dari Pelabuhan laut Semayang Balikpapan. Tempat ini sangat bersejarah bagi balikpapan betapa tidak, ditempat inilah dulu pengeboran minyak pertama yang dilakukan oleh bangsa Belanda di Kota Balikpapan tepatnya pada tanggal 10 Pebruari 1897 dan tanggal pengeboran minyak pertama ini di jadikan dan ditetapkan sebagai hari Jadi Kota Balikpapan.

Kedalaman sumur mathilda saat itu adalah 222 meter dengan pipa dan katub pengontrol sebanyak 5 buah ditambah 1 buah pipa pengontrol tekanan. Produksi pertama yang dihasilkan oleh sumur minyak ini sebanyak 184 barel, komulatif total produksi sebanyak 68.375 barel, sumur minyak ini ditutup dari produksinya pada tahun1903. Pada Tahun 1942 Sumur minyak mathilda ini menjadi rebutan bagi bangsa Jepang dan bangsa Belanda. Sumur Minyak Mathilda adalah pengeboran minyak terbesar, namun oleh karena adanya insiden perebutan (Jepang dan Belanda) maka sumur minyak Mathilda tersebut akhirnya di hancurkan oleh Belanda.  Lokasi bersejarah yang menandai berawalnya Kota Balikpapan ini tertutup untuk umum. Sebab lokasinya  berada dikawasan kilang minyak Pertamina Balikpapan.

Author :

"BALIKPAPAN PUSTAKA". Pangkalan Data dan Informasi - memperkenalkan Potensi dan Pesona Kota Balikpapan dimata dunia. Dengan merujuk pada aspek Geografi, Geopolitik (Negara), wilayah Administratib (Pemerintah daerah) serta konten lain seputar Kota Balikpapan. Saat ini Anda baru saja membaca artikel berjudul : Monumen Mathilda di Balikpapan.
Share Artikel

Artikel Terkait