Politeknik Negeri Balikpapan

Politeknik Negeri Balikpapan

Sejarah

Lokasi geografis Kota Balikpapan yang strategis sebagai pintu gerbang Pulau Kalimantan dengan fasilitas Bandar Udara Internasional, Pelabuhan Laut Internasional, Zona Industri dan berbagai fasilitas lainnya telah menjadikan Kota Balikpapan sebagai pusat bisnis untuk wilayah Kalimantan.

Melimpahnya seumber daya energi dan sumber daya alam yang terdapat di pulau Kalimantan telah menarik berbagai perusahaan baik Nasional maupun Multinasional untuk beroprasi di salah satu pulau terbesar didunia ini. Karena lokasinya yang strategis dan memiliki pasilitas penunjang yang memadai, maka banyak perusahaan-perusahaan tersebut membuka kantor pusat atau perwakilannya di Balikpapan, sehingga Kota Balikpapan tumbuh dan berkembang sebagai Kota Jasa, Industri, Pariwisata dan Perdagangan.

Pembangunan di Kawasan Timur Indonesia, khususnya Kalimantan Timur sangat membutuhkan dukungan human capital yang berkualifikasi High Skill dan Middle Skill yang siap bekerja dengan jumlah yang cukup besar. Sejalan dengan hal tersebut, maka rencana strategis (Renstra), Visi dan Misi Pemerintah Kota Balikpapan dalam membangun dan mengembangkan sumber daya manusia (SDM) daerah diarahkan dalam 4 strategi yaitu :
  • High Science ..... 20%
  • High Skill ............ 30%
  • Middle Skill ........ 30%
  • Low Skill ............. 20% 
Untuk mencapai tujuan dalam pemenuhan tenaga kerja dilevel High Skill, maka didirikanlah Politeknik Balikpapan pada tahun 2002.

Pendirian Politeknik Balikpapan oleh Pemerintah Kota Balikpapan melalui Yayasan Pendidikan Pemerintah Kota Balikpapan merupakan hasil dari suatu proses pemikiran panjang, untuk mengantisipasi kemajuan Kota Balikpapan sebagai bagian dari Provinsi Kalimantan Timur yang merupakan salah satu pusat industri pertambangan dan migas ditanah air. Pemerintah Kota menyadari bahwa Balikpapan tidak memiliki lembaga Pendidikan yang dapat menghasilkan sumber daya manusia yang memadai, sehingga kebutuhan tenaga kerja pada level High Skill banyak dipenuhi oleh pendatang dari luar daerah.

 
Menyadari hal tersebut, maka pada tahun 2000. Pemerintah Kota Balikpapan mengadakan suatu seminar pembangunan kota dengan mengundang para pakar pembangunan. Salah satu rekomendasi yang diajukan, yaitu untuk pembangunan sumber daya manusia di kota ini dalam rangka memenuhi kebutuhan tenaga kerja adalah menyelenggarakan pendidikan yang menghasilkan tenaga ahli Madya dibidang keahlian tertentu.
Selanjutnya, dalam penyampaian Visi dan Misi-nya, H. Imdaad Hamid. SE bersama Mukmin Faisyal selaku calon Walikota dan calon Wakil Walikota pada Pemilukada tahun 2001 menyatakan akan menjadikan warga Balikpapan menjadi tuan dirumah sendiri, dengan kata lain Balikpapan ingin agar putra-putri Balikpapan memiliki kemampuan yang memadai untuk dapat bekerja pada perusahaan-perusahaan besar/Multi nasional yang ada di Balikpapan khususnya dan Kalimantan Timur pada umumnya.

Setelah pembentukan Yayasan Pendidikan Pemerintah Kota Balikpapan dengan Akte Notaris Muhammad Rasjid Umar SH Nomor 14/2000. dengan susunan pengurus Pembina Drs. H. Sarjono. MSi dan Ketua Harian Dra. Hj. Hernawati. MSI dan melalui proses yang cukup panjang yaitu berupa studi kelayakan dilanjutkan dengan pengajuan permohonan izin pendirian, maka pada tanggal 2 Agustus 2002, keluarlah Izin Pendirian Politeknik Balikpapan berdasarkan keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi. Nomor 168/D/O/2002. dapat menyelenggarakan empat program studi, yaitu :
  • Teknik Mesin Alat Berat
  • Teknik Elektronika
  • Teknik Sipil
  • Tata Boda.
Pada awal berdirinya, Politeknik Balikpapan menyelenggarakan proses pembelajarannya dengan model multi kampus. Kantor pusat Administrasi bertempat di SMP Negeri 12 Balikpapan, Kampus I di SMK Negeri I Balikpapan untuk program studi Teknik Mesin Alat Berat, Teknik Elektronika dan Teknik Sipil. Sedangkan kampus II di SMK Negeri 4 Balikpapan untuk pelaksanaan program studi Tata Boga.


Untuk mengantisipasi perkembangan Politeknik Balikpapan, Pemerintah Kota Balikpapan secara bertahap sejak tahun 2004 telah melakukan upaya membebaskan lahan seluas 15 Ha yang berlokasi di Jl. Soekarno - Hatta Km 8, yang merupakan cikal bakal Kampus Politeknik Balikpapan saat ini. Perencanaan pembangunan kawasan kampus Politeknik telah tersusun dalam masterplan yang disusun bekerja sama dengan LAPI - ITB Bandung. Realisasi Masterplan diawali dengan peletakan batu pertama pembangunan kampus Politeknik Balikpapan yang dilakukan oleh Menteri Pendidikan Nasional Prof. Dr. Bambang Sudibyo pada tanggal 10 Februari 2007, bertepatan dengan peresmian Kota Balikpapan sebagai Kota Vokasi.

Pada tahun 2008 Kampus baru Politeknik Balikpapan telah mulai ditempati. Proses pembangunan dilanjutkan dengan pembangunan gedung kuliah untuk program studi Elektronika pada tahun 2009. Pada tahun 2010 dibangun gedung Workshop untuk program studi Mesin Alat Berat. sejak saat itu kampus pusat dan seluruh perkuliahan dipindahkan ke Kampus yang baru, sedangkan untuk kegiatan praktek teknik mesin alat berat masih menggunakan fasilitas SMK Negeri I Balikpapan dan untuk praktek Tata Boga nebggunakan SMK Negeri 4 Balikpapan.

Dalam perjalanannya Politeknik Balikpapan telah mengadakan kerja sama dengan Central Queensland Institute of TAFE (CQIT), Institut Teknologi 10 Nopember Surabaya (ITS) dan Institut Teknologi Bandung (ITB) dalam rangka standarisasi tenaga pengajar, transfer Manajemen perguruan tinggi, peningkatan mutu kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan upaya penjaminan mutu internal, selama 5 tahun, yaitu dari tahun 2006 s/d 2010. Direktur Politeknik Balikpapan dijabat oleh dosen ITB yang merupakan salah satu realisasi kerjasama tersebut. Juga dijalin kerjasama dengan dunia usaha dan dunia industri di Kota Balikpapan dan sekitarnya.


Pada tahun 2010, Politeknik Balikpapan telah membuktikan kelayakannya dalam melaksanakan sistem penjaminan mutu internal dengan penilaian dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi BAN-PT untuk semua program studi yang ada saat itu.
  • Teknik Mesin Alat Berat terakreditasi B dengan nilai 313 (Berdasarkan Keputusan BAN-PT No. 002/BAN-PT/Ak-X/Dpl-III/V/2010.
  • Tata Boga terakreditasi B dengan nilai 320
  • Teknik Elektronika terakreditasi C dengan nilai 293
  • Teknik Sipil terakreditasi C dengan nilai 283 (berdasarkan Keputusan BAN-PT No. 001/BAN-PT/Ak-X/Dpl-III/V/2010).
Usulan penegerian Politeknik Balikpapan telah disampaikan sejak tahun 2006, namun karna ada persyaratan yang belum dipenuhi maka pada saat itu belum dapat disetujui dan baru pada tahun 2010 setelah mendapatkan akreditasi serta bimbingan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional serta dukungan penuh dari Bapak Gubernur dan ketua DPRD Provinsi Kalimantan Timur serta Ketua DPRD Kota Balikpapan, maka usulan penegerian diajukan kembali. usulan ditindak lanjuti dengan tahap visitasi oleh tim visitasi kementerian Pendidikan Nasional. Untuk melakukan verifikasi kelapangan pada tanggal 20 Mei 2011 dan dilanjutkan dengan serah terima aset dari Pemerintah Kota Balikpapan dan Yayasan Pendidikan Pemerintah Kota Balikpapan kepada Kementerian Pendidikan Nasional. Sebagai bagian dari proses penegerian Politeknik Balikpapan pada tanggal 29 Mei 2011.


Puncak proses penegerian yang merupakan tonggak baru sejarah Politeknik Balikpapan adalah pada tanggal 9 September 2011 dengan ditanda tanganinya Permendiknas Nomor 41 tahun 2011 tentang Pendirian Organisasi dan Tata Kerja Politeknik Negeri Balikpapan.
Dalam masa transisi Politeknik Negeri Balikpapan tetap akan mendapatkan bantuan biaya oprasional dan bantuan lainnya dari Pemerintah Kota Balikpapan dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur sebagaimana tertuang dalam surat Komitmen pembiayaan yang di tanda tangani oleh Wali Kota Balikpapan, Ketua DPRD Kota Balikpapan, Gubernur Provinsi Kalimantan Timur dan Ketua DPRD Kalimantan Timur.

Nama-nama Direktur Politeknik Negeri Balikpapan dari awal berdiri 2 Agustus 2002 sampai dengan saat ini adalah Sbb :
  • Ir. Wahyudi Widodo (2002 - 2006)
  • Ir. Tutuka Ariadji. M.Sc. Ph.D (2006 - 2008)
  • Dr. Ir. Purnomo Soekirna (2008 - 2010)
  • Totok Sulistyo. S.T.M.T (2010 - 2012)
  • Riswan Asmaran. S.T.M.M (2012 - 2014)
  • Nur Wahidah Jamal, S.T.M.T (2014 - Sekarang)

Author :

"BALIKPAPAN PUSTAKA". Pangkalan Data dan Informasi - memperkenalkan Potensi dan Pesona Kota Balikpapan dimata dunia. Dengan merujuk pada aspek Geografi, Geopolitik (Negara), wilayah Administratib (Pemerintah daerah) serta konten lain seputar Kota Balikpapan. Saat ini Anda baru saja membaca artikel berjudul : Politeknik Negeri Balikpapan.
Share Artikel

Artikel Terkait