Mantau (Oleh-oleh Balikpapan)

Mantau (Oleh-oleh Balikpapan)

Oleh-oleh lainnya dari Kota Balikpapan adalah Mantau. Mantau adalah bakpao padat. Anda pasti pernah menjumpai mantau kemasan di toko-toko swalayan, di bagian Frozen food. Dikota Balikpapan, mantau ini menjadi menu utama untuk disantap dengan aneka menu masakan ala Tionghoa. Bisa disantap dengan daging sapi atau ayam bumbu kungpao, atau bumbu merica. Pilihan mantau yang akan dinikmatipun, ada dua yaitu bisa yang di kukus atau bisa juga yang di goreng. Satu mantau berukuran diameter 10 cm, di hargai Rp 2.500 untuk penyajian kukus yang berwarna putih dan Rp 3.000 untuk penyajian goreng.

Pastikan anda memesan mantau goreng yang kualitasnya bagus. Kualitas bagus ini adalah, tekstur tepung terigunya yang mengalami peragian, sangat padat. Jangan takut dengan minyak yang di pakai untuk menggoreng. Karena, kendati digenangkan dalam minyak, mantau goreng ini tidak berminyak. Tampilannya berwarna cokelat sawo mateng, dengan permukaan kering mengkilat. Mantau yang bagus tadi, karena saking keringnya adonan, tidak memberi kesempatan minyak goreng untuk menelusup dan menggenangi mantau sehingga membuatnya basah berminyak.

Mantau tersebut dapat anda temui di restauran Suky di ruko baru Balikpapan dan Depot Simpang 4 Jalan Pandansari. Mantau-mantau ini bahkan disantap dengan daging menjangan yang di bumbu kungao dan ditaburi kacang mede, dikenal dengan sebutan masak mede. 

Author :

"BALIKPAPAN PUSTAKA". Pangkalan Data dan Informasi - memperkenalkan Potensi dan Pesona Kota Balikpapan dimata dunia. Dengan merujuk pada aspek Geografi, Geopolitik (Negara), wilayah Administratib (Pemerintah daerah) serta konten lain seputar Kota Balikpapan. Saat ini Anda baru saja membaca artikel berjudul : Mantau (Oleh-oleh Balikpapan).
Share Artikel

Artikel Terkait