Fungsi Tombol Pada Keyboard (2)

Fungsi Tombol Pada Keyboard (2)


Fungsi Ganda Tombol Shift.
  1. Tahan Shift pada saat memasukkan Flash Disk ke komputer, gunanya untuk mencegah Autorun Virus.
  2. Tekan Shift berulang-ulang sampai terdengar bunyi tiiiit, gunanya untuk menampilkan Sticky Keys.
  3. Tekan Shift pada saat membuka file yang ada di Explore, maka file-file otomatis berubah menjadi tanpa nama.
  4. Tekan Shift pada saat Booting, gunanya untuk mempercepat booting
  5. Not to All, ketika  kita mengkopy kan file-file yang sama ke suatu folder, maka terdapat pilihan yes, yes to all, no, cencel. Dengan menekan Shift sambil mengklik no, maka otomatis akan menjalankan perintah not to all.
Shortcut Tombol Fungsi (Tombol F1, F2, .... F12)
  • F1 = Membuka panduan Microsoft Word
  • F2 = Memindahkan teks atau gambar (caranya, pilih dulu atau sorot dulu teks yang akan di pindahkan, lalu tekan F2, lalu klik pada posisi dimana teks tersebut akan dipindahkan, lalu tekan Enter.
  • F3 = Memasukkan Auto Text
  • F4 = Mengulangi proses/pengetikan yang terakhir dilakukan.
  • F5 = Membuka kotak dialog pencarian (cara singkat menuju bagian tertentu didalam dokumen)
  • F6 = Menuju ke frame/panel berikutnya.
  • F7 = Membuka kotak dialog Spelling and Grammar.
  • F8 = Menghidupkan mode penyorotan, yaitu menyorot teks tanpa menggunakan tombol Shift. Caranya tekan F8 satu kali, lalu tekan tombol panah kearah yang di inginkan. Untuk mengakhiri mode penyorotan tekan Esc. Jika anda tekan F8 dua kali, secara otomatis akan menyorot satu kata, jika tekan F8 tiga kali maka akan menyorot satu kalimat, dan seterusnya. untuk mengurangi ukuran penyorotan, tekan Shift + F8. Jangan lupa menekan Esc untuk mengakhiri mode penyorotan.
  • F9 = Mengupdate field yang di pilih/disorot
  • F10 = Mengaktifkan bar menu untuk diakses oleh keyboard
  • F11 = Menuju ke field berikutnya
  • F12 = Menyimpan dokumen dengan nama baru. Ini sama dengan meng-klik menu file, Save As.
Beberapa fungsi Excel yang diaktifkan dengan menekan tombol-tombol.
  1. CTRL/x - Cut/potong (dan menghapus) nilai atau rumus (formula) dalam satu sel atau range untuk ditempel (paste) ditempat lain.
  2. CTRL/c - Mengambil (mengcopy) nilai atau rumus dalam satu sel atau dalam suatu sel atau range untuk ditempel (Paste) ditempat lain.
  3. CTRL/v - Menepel (Paste) isi suatu sel atau range yang telah diambil untuk ditempel (paste) ditempat lain (dalam bahasa Inggris disebut juga CTRL/Velcro).
  4. CTRL/f - Untuk mencari (find) sebuah nilai dalam baris dan kolom (yang telah kita pilih) atau dalam sebuah lembaran kerja (worksheet). sedangkan untuk mencari sebuah nilai dalam satu workbook. pilihlah seluruh worksheet .
  5. CTRL/h - Untuk memilih dan mengganti isi sell (find and replace)
  6. ALT/Enter - Untuk memaksa baris baru pada sebuah sel
  7. Tombol F4 - untuk membuat tanda dolar ($) pada suatu alamat sel secara otomatis, bisa juga digunakan untuk mengulang perintah terakhir yang kita laksanakan sebelumnya.
  8. CTRL/a - Untuk memilih seluruh sel dalam suatu sheet. Kita juga bisa menggunakan mouse dengan mengklik bidang abu-abu antara kolom satu (1) dan baris "A" pada bagian kiri atas sheet.
  9. CTRL/Enter - Untuk mengisi otomatis beberapa sel dengan nilai atau rumus yang sama dapat dilakukan dengan cara select beberapa sel dengan mouse, kemudian ketikkan nilai atau rumus yang akan dimasukkan, setelah selesai tekan/tahan CTRL dan klik Enter. Sel terpilih (ter-select) akan berisi nilai yang sama. Untuk mengganti suatu kata cukup klik pada kata dan langsung ketikkan kata penggantinya.  Pada saat kita memilih sebuah sel, beberapa sel, satu baris atau satu kolom, maka dengan mengklik kanan mouse akan menemukan perintah yang cukup penting, yaitu Clear Contents (hapus isi). Perintah ini berbeda dengan perintah Delete, dengan clear contents yang di hapus hanya isinya, sedangkan delete, tempatnya (selnya) juga ikut terhapus. Jika kita mulai menggunakan Excel sebagai database dan menggunkan laporan dengan funsi Sumproduct, maka sangat perlu bagi kita untuk menggunakan Clear Countents dari pada Delete. Untuk memilih dua sel atau lebih yang tidak berdampingan, maka kita dapat melaksanakan dengan cara pilihlah sel pertama kemudian tekan / tahan CTRL dan klik dengan menggunakan mouse pada sel-sel lainnya. Untuk memilih sel-sel yang berdampingan baik kekiri/kanan, atas/bawah, maka pilih sel pertama dan tekan tahan Shift dan klik mouse pada sel terakhir. 

Author :

"BALIKPAPAN PUSTAKA". Pangkalan Data dan Informasi - memperkenalkan Potensi dan Pesona Kota Balikpapan dimata dunia. Dengan merujuk pada aspek Geografi, Geopolitik (Negara), wilayah Administratib (Pemerintah daerah) serta konten lain seputar Kota Balikpapan. Saat ini Anda baru saja membaca artikel berjudul : Fungsi Tombol Pada Keyboard (2).
Share Artikel

Artikel Terkait